Kotak Hitam,benda paling di cari pada kecelakaan pesawat..!!



INTERLUDE
Berita yang sedang hot saat ini adalah soal jatuhnya pesawat Merpati Airlines Jurusan Sorong-Kaimana dengan tipe pesawat MA 60 buatan pabrik China. Ane tidak membahas tentang pesawat tsb , tetapi yg ane mau bahas adalah soal KOTAK HITAM (BLACK BOX). Karena jika ada pesawat yg jatuh , pasti yg dicari selain korban adalah si Kotak Hitam ini.

SEJARAH

Kotak Hitam telah lama dikenal. Pada awal tahun 1900-an, Wright bersaudara menemukan sebuah alat primitif untuk mencatat putaran baling-baling. Pada akhir tahun 1950-an, alat itu berkembang menjadi pencatat data penerbangan pertama, yang biasa disebut KOTAK HITAM.





Ketika pesawat jatuh atau hampir jatuh, prioritas utama para penyidik kecelakaan adalah menemukan KOTAK HITAM. Padahal sebenarnya tidak berwarna hitam sama sekali.



Sejak tahun 1960-an, sekitar 800 pesawat hancur karena jatuh dan KOTAK HITAM selalu selamat. KOTAK HITAM mulai dikenal akibat COMET, pesawat jet pertama. Pada tahun 1953, COMET jatuh dari langit dan tidak ada yang tahu mengapa hal itu bisa terjadi. Dibutuhkan penelitian yang cukup mahal untuk mengetahui apa yang terjadi.



Pada tahun 1957, sebagai usaha untuk lebih mudah menentukan penyebab jatuhnya pesawat, Civil Aeronautics Authority USA menganjurkan semua pesawat dengan berat lebih dari 9 ton perlu membawa alat pencatat data.



Alat ini akan mencatat beberapa kondisi pesawat yang mendasar, misalnya arah, kecepatan, ketinggian, percepatan vertikal, dan waktu. Sejak itu, tehnologi tersebut telah berkembang dari pencatatan informasi pada lembaran logam dan kawat baja menjadi pencatatan dengan kaset magnetik. Generasi terakhir tidak memiliki bagian-bagianyang dapat dipindahkan dan langsung mencatat dalam memori yang solid.



PENEMUAN ORANG AUSTRALIA
Tahun 1934, ayah dari David Warren yang berumur 10 tahun meninggal dalam sebuah kecelakaan udara pertama di Australia. Hadiah terkahir yang diberikan kepada David kecil adalah perangkat radio kristal. David mulai membuat radio sebagai hobi dan dia pun sangat tertarik pada elektronik.
Tahun 1953, pesawat COMET jatuh.



David saat itu telah menjadi ilmuwan riset di AERONAUTICAL RESEARCH LABORATORY (ARL) di Melbourne. Ia segera sadar menyadari bahwa rekaman suara pilot dan sebagai pembacaan alat untuk memberikan petunjuk yang sangat berharga tentang penyebab jatuhnya pesawat. Ia membuat KOTAK HITAM yang pertama, namun penemuan tersebut kurang diminati di Australia.



Pada tahun 1958, ia bernasib baik. Ketika sekertaris AIR REGISTRATION BOARD di Inggris, Sir Robert Hardingham, mengunjungi ARL, David menunjukan proyek di luar pekerjaan tersebut. Sir Robert segera mengakui potensi David sehingga David Warren dan KOTAK HITAM pertamanya menuju London. Banyak perusahaan melihat manfaat dari penemuan David dan pada akhirnya perusahaan-perusahaan tersebut membuat versi sendiri-sendiri.

KOTAK HITAM diwajibkan di Australia, setelah Fokker Friendship jatuh di Mackay, Queensland pada tahu 1960. Tahun 1963 Australia menjadi negara pertama yang memiliki perekam suara di cockpit.

TENTANG KOTAK HITAM

Sebuah KOTAK HITAM terdiri dari dua bagian :

1. CVR (Cockpit Voice Recorder) yang dapat merekam percakapan dan suara di dalam cockpit selama 2 jam.
2. FDR (Flight Data Recorder) yang dapat merekam informasi selama 24 jam tentang 700 aspek yang berbeda pada pesawat, misalnya : tekanan bahan bakar dan kecepata rotasi semua bagian yang bergerak didalam setiap mesin, sudut sayap pesawat, dan suhu didalam cargo.



Agar KOTAK HITAM mendapat perlindungan yang maksimal, kotak ini diletakan dibagian pesawat yang biasanya terakhir menyentuh tanah ketika jatuh (di ekor). Seluruh bagian depan pesawat merupakan wilayah berbahaya bagi KOTAK HITAM.





Generasi terbaru KOTAK HITAM lebih kuat daripada pegulat di WWF. Memorinnya yang solid dikelilingi alumunium, yang dibungkus oleh bahan insulasi panas yang sangat efisien, yang kemudian dibungkus lagi dalam lembaran tebal stainless steel.

KOTAK HITAM harus tahan pada suhu 1.100celcius selama 1 jam, lalu 260celcius selama 10 jam. Dalam, tes pengaruh jatuhnya pesawat, KOTAK HITAM tahan terhadap 3.400G akselerasi. Manusia akan kehilangan kesadaran jika mengalami 5G selama 5 detik. Tes biasanya dilakukan dengan melontarkan kotak hitam dengan sebuah meriam. Pada Tes Pierce, sebuah benda dengan berat 227Kg dan akan diberi paku baja yang tajam dengan diameter 6,5mm dijatuhkan 3 meter dari atas KOTAK HITAM. KOTAK HITAM dapat tahan terhadap tekanan dasar laut, dan dapat berada didalam air asin selama 1 bulan. Semua proses tinggi ini membuat KOTAK HITAM berharga sekitar U$ 20,000 – U$ 30,000 dollar AS (Rp. 200,000,000 – Rp. 300,000,000).





Tentu saja, KOTAK HITAM tidak berwarna hitam, tahun 1965 warnanya diubah menjadi ORANYE warna yang sangat mudah dikenali . Kita benar-benar tidak tahu mengapa kotak itu disebut KOTAK HITAM. Teori populer mengatakan bahwa setelah terkena api, kotak yang tadinya berwarna oranye akan menjadi KOTAK HITAM akibat terbakar atau terkena jelaga.



Mengapa pesawat tidak memiliki kekuatan seperti KOTAK HITAM ? :
1. Bila pesawat jatuh kemungkinan penumpang tidak akan bertahan terhadap tekanan gravitasi
2. Pesawat mungkin akan terlalu berat untuk terbang


Source: 
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 komentar:

Poskan Komentar