UMB PT 2011 UJIAN MASUK BERSAMA PERGURUAN TINGGI 12 PTN PTS Kampus Asing 2011

UMB 2011 UJIAN MASUK BERSAMA PERGURUAN TINGGI NEGERI SWASTA 2011 UMB PT 2011 Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi 12 PTN PTS Kampus Asing 2011. Ada yang beda dari penyelenggaraan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) tahun ini. Sebanyak 12 perguruan tinggi negeri (PTN) penyelenggara UMB-PT akan melibatkan perguruan tinggi swasta (PTS). Lihat Seleksi PTN 2011 Cara Daftar SNMPTN dan Biaya Pendaftaran Tahun 2011 dan Cara Daftar SNMPTN 2011 Online Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2011.

Ketua Panitia UMB-PT Asman Boedisantoso mengatakan, ada delapan PTS yang akan bergabung dengan UMB-PT dan menyediakan 8.377 kursi pada 130 program studi. "Mereka ialah Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Yarsi, Universitas Bakrie, Universitas Nasional (Unas), Universitas Pancasila, Universitas Trisakti (Usakti), Universitas Widyatama, dan Universitas Islam Sultan Agung Semarang," katanya di Gedung Rektorat UI Salemba.

Berbeda dengan seleksi penerimaan lain, peserta juga bebas memilih ke universitas di Australia melalui International Development Program (IDP). "Ada 38 universitas di Australia yang dapat dipilih oleh peserta," Asman mengimbuhkan.

Menurut Asman, pihaknya melibatkan PTS karena ingin menyamakan mutu pendidikan di negeri dan swasta. Selain itu, sudah banyak PTS yang kualitasnya sama dengan negeri namun kalah pamor dengan kampus lain sehingga tidak punya kesempatan untuk mengembangkan diri.

Beberapa rektor yang datang menyampaikan persamaannya mengenai keikutsertaan di seleksi UMB ini. Seperti Rektor Unsyiah Darni M Daud, Rektor Universitas Sumatera Utara Syahrial Pasaribu, Rektor Unsoed Edi Juwono, dan Rektor UNJ Bejo Sujanto.

Rektor Unsyiah berkomentar,dengan ikut UMB-PT kampusnya dapat dikenal ke dunia internasional. Dari UMB ini pihaknya menyediakan kuota hingga 40 persen. "Peserta bisa memilih lima hingga tujuh program studi di PTN, PTS, dan IDP," jelas Darni.

Sementara, Rektor Universitas Sumatera Utara Syahrial Pasaribu menjelaskan, selalu ada perbaikan dari tahun ke tahun. Untuk tahun ini proses penilaian dilakukan lebih cepat yakni seminggu. Selain itu data yang disediakan juga transparan sehingga tidak menimbulkan kecurigaan. "Kami sediakan kuota 40 persen untuk UMB-PT," ungkapnya.

Sedangkan Rektor Unsoed Edi Juwono dan Rektor UNJ Bejo Sujanto menyatakan seleksi ini sekaligus ikut mempromosikan kampusnya ke luar negeri. Mereka mengungkapkan, SPP yang akan dibebankan kepada calon mahasiswa tidak akan dipatok tinggi melainkan disetarakan dengan SPP reguler.

UMB 2011 PERGURUAN TINGGI NEGERI - 12 PTN Siapkan 10.238 Kursi

Sebanyak 12 perguruan tinggi negeri (PTN) menyediakan 10.238 kursi bagi mahasiswa baru di ajang Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) 2011. Kursi-kursi tersebut tersebar di 476 program studi (prodi).

Ketua Panitia UMB-PT Asman Boedisantoso mengatakan, 12 PTN tersebut yaitu Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Malikussaleh, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Riau (Unri), Universitas Jambi (Unja), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Palangka Raya, dan UIN Alauddin Makassar.

Asman mengklaim UMB-PT tidak hanya menyaring calon mahasiswa berprestasi namun mahasiswa super pandai. Pasalnya, soal yang dibuat tidak dapat disamai dengan Ujian Nasional (UN), namun dibuat berdasarkan kemampuan nalar berbasis kurikulum. "Soal yang diujikan yaitu sains, matematika, bahasa, dan tes nalar ilmu sosial," jelasnya, Kamis (16/6/2011).

Biaya pendaftaran UMB-PT 2011 dibedakan antara empat pilihan program studi yaitu antara Rp275 ribu-Rp400 ribu. Pendaftaran dibuka 1 Juni-7 Juli, sementara pelaksanaan ujian pada 9 Juli 2011. kompas.com

UMB 2011, UMB PT 2011, Ujian Masuk Bersama, Perguruan Tinggi, UMB Perguruan Tinggi 2011, Daftar Perguruan Tinggi Negeri Terbaru, Perguruan Tinggi PTN, List Perguruan Tinggi Swasta PTS, Ujian Kampus Asing 2011, Profile PTN PTS Indonesia
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

1 komentar:

emzeth mengatakan... at 14 Desember 2011 02.00

info lengkap bisa dilihat di:

UMB – Ujian Masuk Bersama

Poskan Komentar