PREDIKSI GEMPA BALI 7,9SR INFO TERBARU LIPI Gempa Dahsyat Guncang Denpasar Jawa Bali

RAMALAN GEMPA BMKG JAWA BALI SUMATRA Prediksi Gempa Bali 7,9SR Info Terbaru LIPI Gempa Dahsyat Guncang Denpasar Jawa Bali. Ramalan Gempa Terkini Potensi Sunami - Kamis 13 Oktober 2011, pukul 10.16 WIB, bumi Bali diguncang gempa besar berkekuatan 6,8 Skala Richter. Murid-murid panik berlarian ke luar sambil menghindari reruntuhan atap, turis-turis berlomba keluar hotel dan menjauhi pantai, pasien rumah sakit dievakuasi secepatnya. Semua orang menghambur ke luar. Lihat Kumpulan Foto Gempa Bali 6,8SR Oktober 2011 Dampak Gempa Bumi Guncang Denpasar Surabaya dan Susunan Kabinet SBY Terbaru Indonesia Bersatu 2 Hasil Reshuffle Presiden Adalah Kabinet Kerja di http://besteasyseo.blogspot.com/.

Beberapa jam kemudian, pada pukul 14.52 WIB, Pulau Dewata kembali diguncang lindu. Kekuatannya jauh lebih kecil, "hanya" 5,6 SR. Toh begitu, goyangannya terasa cukup kuat.

Belum reda trauma warga, beredar SMS liar yang menyebut Bali akan kembali berguncang dahsyat pada Kamis malam pukul 17.30 WIB. Kabar yang beredar menyebut kekuatan gempa bakal naik ke level gawat: 7,9 SR.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika langsung membantah isu itu. Yang jadi pertanyaan, benarkah Bali berpotensi diguncang gempa dahsyat? Ini terkait dengan prediksi gempa Bali 7,9SR terbaru.

Dimintai tanggapannya, ahli gempa LIPI Danny Hilman menjelaskan, sejatinya gempa 6,8 SR yang mengguncang Bali tidaklah aneh. "Bali memiliki banyak patahan. Ada di selatan, utara, juga di pulaunya sendiri," kata dia saat dihubungi . "Tidak ada yang aneh dengan kejadian gempa di Bali. Sejak dulu banyak gempa. Bali termasuk rawan."

Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB) mencatat gempa paling mematikan di wilayah itu terjadi pada 14 Juli 1976 di Buleleng. Kekuatannya 6,5 SR yang berpusat di darat. Kala itu, 471 meninggal dunia.

Danny mengakui, hingga saat ini patahan aktif di Bali belum dipetakan dengan baik. "Kekuatannya tidak sebesar Sumatera, tapi lumayan, 6,8 sampai 7 SR," kata dia.

Bagaimana dengan isu potensi gempa 7,9 SR? "Tidak ada prediksi seperti itu," dia menegaskan.

Gempa di Bali, Danny menambahkan, harus ditanggapi dengan bijak. Sebab, selain padat penduduk, Bali adalah tujuan wisata internasional. "Harus dilakukan pendidikan kegempaan, membuat jalur evakuasi, peraturan bangunan tahan gempa, menerapkan SoP evakuasi di hotel dan kantor," kata dia.

Gempa Bali menurut dia harus disikapi dengan positif, meski "sampai sekarang, ada juga yang tak mengindahkannya, dianggap mengganggu investasi."

Untuk memprediksi potensi gempa di Bali 7,9 SR, juga bisa dilihat melalui sejarah kegempaannya. Badan Geologi AS, USGS, mencatat Pulau Dewata pernah diguncang sejumlah gempa besar, antara lain pada 27 November 1815 dan 21 Januari 1917. Lalu, terjadi gempa 6,0 SR pada 18 Mei 1963, gempa 6,5 SR pada 14 Juli 1976, gempa 6,3 SR pada 20 Oktober 1979, dan gempa 6,6 SR pada 17 Desember 1979.

Dalam makalah berjudul Seismic Hazard Assessment in Denpasar Bali, tim penyusun dari ITB menyebutkan gempa mematikan pernah mengguncang Bali pada 17 Desember 1979. Saat itu 25 orang tewas dan 400 lainnya terluka parah. Gempa tertua yang paling merusak terjadi pada 29 Maret 1862 di Buleleng. vivanews.com

Prediksi Gempa Bali 7,9SR, Gempa Bumi di Bali 7,9 SR, Info Terbaru LIPI, Gempa Dahsyat Guncang Denpasar, Jawa Bali, Gempa Indonesia Terbaru, Ramalan Gempa Terbaru, Sunami, Gelombang TSunami
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 komentar:

Poskan Komentar