Misteri Tewasnya Gaddafi Mulai Terkuak


Jenazah Gaddafi, putranya Mottasim dan panglima militernya disimpan di ruang pendingin daging. (Reuters/Daily Mail)

Misteri tewasnya mantan orang nomor satu Libya, Kolonel Moammar Gaddafi mulai terkuak.

Komandan pasukan yang menangkap sang kolonel mengungkapkan detik-detik terakhir kehidupan Gaddafi kepada BBC.

Omran al-Oweib, nama komandan itu, kepada BBC mengatakan Gaddafi yang sudah cedera diseret dari sebuah pipa saluran drainase tempatnya berlindung di Sirte.

Namun, baru berjalan sekitar 10 langkah, Gaddafi tersungkur akibat terkena tembakan. Omran menyatakan sulit mengidentifikasi orang yang menembak Gaddafi hingga tewas.

"Saya tidak melihat siapa yang menembak atau senjata apa yang membunuh Gadaffi," ujar Oweib dalam wawancara ekslusif dengan BBC.

Oweib menambahkan sejak awal sejumlah pejuang berniat membunuh Gaddafi namun ia berusaha untuk menjaga eks diktator Libya itu tetap hidup.

"Setelah Gaddafi rubuh, saya melarikannya ke rumah sakit di mana akhirnya ia dinyatakan meninggal dunia. Saya berusaha menyelamatkan nyawanya namun saya gagal," imbuhnya.

Kematian Gaddafi hingga kini masih menyisakan banyak pertanyaan. Sebuah video amatir mengesankan Gaddafi diseret di sepanjang jalan kota Sirte.

Amerika Serikat bahkan meminta keterangan yang transparan dan terbuka atas kematian Gaddafi ini. Sementara Rusia menilai kematian Gaddafi masih menyisakan banyak pertanyaan.

Kematian Gaddafi ini juga disesalkan pemerintah sementara Libya yang menegaskan mereka menginginkan Gaddafi dalam keadaan hidup.

"Secara pribadi saya menginginkan Gaddafi hidup. Saya ingin mengetahui mengapa dia melakukan semua perbuatannya selama ini. Saya berharap menjadi penuntutnya dalam pengadilan," kata PM sementara Libya, Mahmoud Jibril kepada BBC.

Jibril menegaskan pemerintahannya menyetujui jika dunia internasional menginginkan penyelidikan terbuka selama pemakaman sesuai hukum Islam juga dihormati.

Sementara itu, hingga kini keputusan soal dimana dan kapan mendiang Moammar Gaddafi akan dimakamkan juga belum mencapai kata akhir.

Belum adanya kepastian ini membuat pemakaman Gaddafi tertunda. Selain itu belum diketahui apakah Gaddafi akan dimakamkan di Misrata, Sirte atau tempat lainnya.

Namun, sejumlah pejabat Dewan Transisi Nasional (NTC) menyatakan mereka menginginkan pemakaman Gaddafi dilakukan secara rahasia.

Kerahasiaan ini penting untuk menghindari agar makam Gaddafi tidak dijadikan tempat ziarah bagi para pengikutnya.



Source: 
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 komentar:

Poskan Komentar