Mematikan komputer menggunakan Task Scheduler di Windows XP

Windows XP sampai hingga kini masih menjadi sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna PC. Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me. Windows XP juga merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analisis IDC (http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_XP).

Hal ini menyebabkan banyak sekali tersedia aplikasi pihak ketiga untuk sistem operasi besutan Microsoft tersebut. Contohnya, untuk mematikan Windows XP secara otomatis, tersedia aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan secara gratis, yaitu PC Auto Shutdown yang dapat anda download melalui http://www.drivermagician.com/AutoShutdown.exe. Namun, jika untuk fungsi shutdown saja, Windows XP telah menyertakan tools Taks Scheduler yang dapat digunakan untuk hal itu. Berikut ini adalah cara penggunaannya.

1. Klik tombol “Start | Run”.

2. Dalam window Run, ketikan ‘control schedtask

3. Klik ganda icon “Add Scheduled” lalu klik tombol “Next” saat muncul Wizard.

4. Klik tombol “Browse”.

5. Pilih folder system32. Contohnya C:\Windows\system32.

6. Cari file shutdown.exe dan klik “Open”.

7. Berikan nama Task dan pilih frekuensi waktu untuk menjalankan Task tersebut dan klik tombol “Next”.

8. Tentukan tanggal dan waktu Task tersebut untuk mulai dijalankan dan kembali tekan tombol “Next”.

9. Kini, berikan informasi ‘username’ dan ‘password account’ yang akan menjalankan Task tersebut. Password harus anda isi. Jika tidak,sistem akan menampilkan pesan pop-up berupa Access Denied. Jika account yang anda gunakan belum memiliki password, anda dapat membuat segera password untuk account tersebut melalui “Control Panel | User Accounts”.

10. Selanjutnya, centang pada boks parameter”Open Advanced properties for this task when I click Finish”.

11. Klik tab “Task”. Pada boks “Run”, anda dapat memberikan parameter tambahan pada perintah shutdown. Jika anda ingin mematikan komputer dengan segera, anda dapat menambahkan parameter -s –t O sehingga perintahnya menjadi ‘shutdown.exe -s -t 00’.

12. Terakhir, klik tombol “OK” untuk menyimpan konfigurasi yang telah dibuat.
Jadwal ini akan otomatis aktif pada waktu yang telah ditentukan. Anda juga dapat membuat jadwal lainnya, misalnya untuk reboot. Untuk itu, perintahnya menjadi shutdown.exe -r -t 00’. Untuk lebih detail mengenai perintah shutdown, anda dapat mengetikkan ‘Shutdown /? Pada Command Prompt.

Untuk Cara mendapatkan uang Melalui Internet bisa anda baca DiSini
http://dedepurnama.blogspot.com
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 komentar:

Poskan Komentar